Macam Jenis Ikan Patin

Heloo Semuanya pembahasan kali ini tentang jenis jenis ikan patin

 

Sebelum Kita Mau Menaklukan Jeng Patin Di Empang Galatama , Ada baiknya kita mengenal Jenis Ikan Patin ini Sebelum Kita benar benar mau menaklukan Ikan Patin . Karena Keberhasilan memancing jenis Ikan apapun, kita harus tau jenis ikan apa yang akan kita pancing. baik Itu Kebiasaan Ikan, jenis umpan yang di sukai, cara makan,dan banyak lagi .

Kali ini kita akan membahasa nama dan jenis jenis ikan patin :



Pangasius Lithostoma

Pangasius lithostoma – merupakan ikan yang berasal dari daerah Kalimantan dan memiliki panjang yang mencapai 20 cm.

Helicophagus Waandersii

Ikan Patin Muncung – adalah ikan patin yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan timur yang biasanya memiliki panjang maksimum 50 cm.

Pangasius Polyuranodon

 

Ikan Patin juaro – Ikan patin ini memiliki bentuk tubuh agak tinggi dan berwarna putih dengan punggung kehitam-hitaman. Kepalanya agak kecil dan di dekat lubang hidungnya terdapat sungut peraba dari rahang atas yang berpangkal di sudut mulut dan ujung mulut sampai ke pangkal sirip dada. Sungut peraba yang terdapat di rahang bawah pendek. Pada sirip punggung terdapat 7 jari-jarilunak dan 2 buah jari-jari keras yang satu di antaranya tumbuh menjadi patil yang kuat. Pada punggung terdapat sirip lemak yang ukurannya sangat kecil, sementara sirip ekornya bercagak simetris. Panjang tubuh patin jenis ini bisa mencapai 50 cm. Penyebaran ikan patin juaro antara lain di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Thailand.

Pangasius Nasutus

 

Ikan Patin Pedado – Pangasius nasutus adalah ikan patin yang berasal dari daerah Jawa, Kalimantan Sumatera, Malaysia dan biasanya memiliki panjang sekitar 90 cm. Ikan ini memiliki bentuk moncong yang runcing tajam dengan kumpulan gigi veromine, yakni gigi yang letaknya di atas atau langit rongga mulut di belakang gigi utama berbentuk seperti duri halus dan berfungsi menahan/mencengkeram makanan yang masuk. Matanya berukuran kecil dan terletak di atas garis sudut mulut. Jari-jari sirip dubur pada patin ini jumlahnya relatif sedikit. Moncong ikan ini bentuknya runcing tajam dan sangat mencolok.

Pangasius Micronemus

 

Ikan patin wakalatau rius caring – Patin ini memiliki sungut rahang atas memanjang sampai pinggiran belakang mata atau melampauinya. Patin ini memiliki mata sangat besar, yaitu kira-kira seperempat panjang kepala. Selain itu, ikan ini memiliki moncong berbentuk persegi dan tonjolan tulang lengan pada pangkal sirip dada sangat pendek. Penyebaran ikan wakal terdapat di Kepulauan Sunda dan Thailand dan memiliki panjang mencapai 60 cm.

Pangasius Macronema

 

Ikan Patin jenis ini dikenal dengan nama ikan rios, riu, lancang, atau jaura. Patin ini memiliki sungut lebih panjang daripada ukuran panjang kepala. Ikan ini memiliki gigi veromine terpisah-pisah dan terdapat 37—45 sisir saring tipis pada lengkung insang pertama. ikan patin ini berasal dari daerah Kalimantan Barat dan biasanya berkuran kecil yakni sekitar 20 cm.

Pangasius Nieuwenhuisii

 

Ikan patin Lawang – adalah spesies ikan patin yang berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan dengan panjang biasanya mencapai 60 cm. ikan ini memiliki moncong yang runcing dengan gigi kecil yang bersatu dalam bidang lebar






Nah Para Angler Semuanya ,, itulah beberapa jenis Ikan Patin yang Akan Kita Buru,, Pada umumnya Umpan ikan Patin Ini sangatlah Mudah yaitu Cacing Hidup ataupun Roti Di Uleni bisa di pake menjadi umpan patin jitu  untuk mancing harian atau di kali kali, tapi kalau umpan untuk galatama saya anjurkan untuk nanyak ke mbah google atau cari di Blog ini , karena ada beberapa umpan yang sudah kita posting. 
salam striiike Joss gandos  
sources: http://www.semuaikan.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat Oplosan Umpan Patin Jitu Sendiri

Cara Memancing Ikan Patin

Cara Membuat Umpan ongol ongol patin